Wabah pandemi virus Corona atau Covid 19 ini memang telah merubah segalanya. Termasuk salah satunya ialah proses belajar mengajar. Dalam hal ini ialah kegiatan kursus, yakni yang semula seringkali dilakukan secara tatap muka langsung. Maka kini lebih sering dilakukan secara online. Hal ini karena perlunya menjaga jarak atau social distance guna mencegah penularan virus Covid yang terus menerus bermutasi hingga makin mudah menular dan mematikan, serta belum ditemukan obatnya. Termasuk juga Kursus TOEFL ITP Online salah satunya 

Apa itu TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah salah satu jenis tes kualifikasi bahasa Inggris bagi orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, yang akan mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang tersebut. TOEFL ini seringkali menjadi persyaratan untuk promosi kenaikan jabatan, atau penugasan tertentu juga sebagai persyaratan melanjutkan pendidikan atau syarat masuk ke perguruan tinggi tertentu baik di dalam negeri maupun luar negeri. Jenis test TOEFL pun bermacam-macam. Seseorang biasanya akan mengikuti suatu kursus TOEFL terlebih dahulu, sebagai persiapan agar bisa meraih skor TOEFL yang tertinggi, atau mencapai skor nilai tertentu. Pada kursus tersebut selain diajarkan teori bahasa Inggris dan mungkin beberapa kali praktek berbahasa Inggris juga pada kursus TOEFL tertentu, terutama dalam interaksi selama pelaksanaan kursus  maka juga akan diberikan materi berupa latihan menjawab soal-soal TOEFL yang sebelumnya pernah diujikan. Dengan maksud agar peserta kursus bisa terlatih dan terbiasa menghadapi soal-soal tes TOEFL yang akan dikerjakan secara sesungguhnya nantinya. Dengan begitu akan bisa mencapai skor nilai yang lebih tinggi.

Apa itu TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language – Institutional Testing Program)

TOEFL ITP ialah salah satu jenis tes TOEFL yang dilakukan oleh suatu institusi untuk keperluan tertentu secara lebih terbatas jika dibandingkan dengan jenis tes TOFL IBT (Test of English as a Foreign Language – Internet Based Test), yakni test TOEFL secara internasional yang dilakukan secara daring lewat internet. Tes TOEFL ITP akan menguji 3 skill kemampuan peserta test dalam hal kemampuan Listening nya, dan teori Structure and Written Expression, juga kemampuan Reading nya. Sedangkan pada TOEFL IBT akan diuji hingga 4 skill kemampuan berbahasa Inggris peserta, yang meliputi uji kemampuan Listening, dan Reading, juga Speaking, serta Writing. Durasi lamanya tes TOEFL ITP ialah 2 jam 15 menit, sedangkan durasi tes TOEFL IBT ialah maksimal hingga selama 4 jam. Lalu Skor TOEFL ITP ialah mulai dari  310 hingga 677 sebagai skor nilai tertingginya, sedangkan untuk skor nilai TOEFL IBT ialah dalam rentang mulai dari 0 hingga 120  sebagai skor nilai tertingginya. Tes TOEFL ITP pada umumnya diselenggarakan oleh suatu institusi universitas, atau lembaga pusat bahasa, atau lembaga kursus yang telah memiliki ijin resmi untuk bisa menyelenggarakan tes TOEFl ITP. Adapun biaya tes TOEFL ITP ialah sekitar 500 ribu Rupiah, lebih murah jika dibandingkan biaya tes TOEFL IBT yang bisa mencapai hingga ratusan dolar USD atau hingga jutaan Rupiah. 

Sebagai tips dalam memilih Kursus TOEFL ITP online ialah pilih lembaga kursus yang memiliki reputasi yang baik. Ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga kursus yang juga telah memiliki ijin untuk melaksanakan tes TOEFL ITP tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *