Jika menanamkan dana pada Bank dalam bentuk deposito atau simpanan berjangka selama kurun jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, maka nasabah akan mendapatkan sejumlah bunga deposito. Besaran bunganya bisa berbeda-beda baik antara BU (Bank Umum) maupun juga dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat), sedangkan untuk pajak deposito bunga ialah sebesar 20 % per tahun dari bunga yang diterima selama setahun. Berikut ini ialah tips untuk memilih deposito. Meski relatif aman dan bahkan dijamin LPS namun produk bank berupa deposito ini perlu juga dipilih dengan tepat. 

Perhatikan Suku Bunga yang dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

LPS akan memberikan jaminan suku bunga tertentu untuk deposito yang besarannya akan bisa berbeda dan diubah-ubah secara rutin dan berkala disesuaikan dengan BI rate yang akan bisa berubah-ubah tiap periode juga, dan ini akan berbeda serta akan lebih besar jika itu adalah deposito di BPR jika dibandingkan dengan besaran suku bunga terjamin di BU. Sehingga cermati dan cari tahu dulu besaran suku bunga deposito yang dijamin oleh LPS tersebut. Pada counter bank biasanya akan dicantumkan besaran suku bunga maksimal yang dijamin oleh LPS tersebut atau bisa cek sendiri di web resmi LPS.

Tawaran Suku Bunga

Perhatikan dan bandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank dengan besaran maksimal suku bunga nya yang dijamin LPS. Nah, agar nasabah deposito tidak kehilangan perlindungan dana jaminan dari LPS tersebut maka harus lakukan hal berikut ini.

Tidak mengambil penawaran tingkat suku bunga deposito yang lebih besar dari tingkat suku bunga deposito maksimal yang dijamin oleh LPS.

Tidak menerima sejumlah dan berbagai bentuk hadiah dari bank setiap kali bersedia mendepositokan sejumlah dananya, jadi jangan hanya karena mendapat hadiah tambahan suku bunga sekian persen atau hadiah berupa barang seperti smartphone atau televisi atau bahkan emas batangan atau justru hanya payung atau boneka maka jaminan perlindungan dana deposito dari LPS menjadi hilang.

Jika hal tersebut di atas dipatuhi maka apapun kondisi bank nya maka dana deposito nasabah akan tetap aman karena dilindungi oleh LPS.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *