Memulai usaha sangatlah baik. Apalagi di jaman sekarang. Ada banyak sekali pilihan atau ide usaha yang bisa dicoba. Salah satu ide usaha yang bisa Anda coba adalah digital printing Jakarta. Usaha digital printing merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Pasar untuk usaha ini juga lumayan besar. Kebutuhan akan digital print juga cukup tinggi. Jadi, bagi Anda yang punya hobi serta ketertarikan dalam dunia percetakan mungkin bisa mulai mencoba usaha digital printing.

Mulai Mengenal Pasar

Bagi Anda yang serius ingin menekuni dunia usaha digital printing Jakarta, Anda bisa mulai dulu dengan menentukan target pasar. Penentuan segmen atau target pasar akan menjadi acuan serta pedoman bisnis Anda nantinya. Ada tiga jenis pasar yang bisa Anda lirik yakni personal atau custom dimana klien bisa mencetak sesuai keinginan dalam jumlah kecil sekalipun, ataukah segmen pasar Anda retail dan juga corporate.

Masing – masing segmen pasar memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing. Untuk segmen corporate misalnya, kelebihannya adalah order yang dilakukan akan dalam jumlah yang besar. Namun kelemahannya adalah Anda perlu peralatan yang banyak juga. Sedangkan untuk custom atau personal maka peralatan yang dibutuhkan sedikit dan order bisa lebih sering terjadi. Namun kelemahannya adalah jumlah pesanan biasanya hanya sedikit.

Siapkan Modal Sesuai Segmen Pasar

Setelah menentukan pasar dari usaha digital printing Jakarta Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan modal. Hitunglah terlebih dulu modal yang diperlukan. Untuk sewa ruang atau gedung misalnya. Bila Anda masih pemula dan baru memulai, sebaiknya jangan langsung menyewa suatu tempat. Manfaatkan ruang yang ada sebagai kantor.

Selain kantor, hitunglah biaya peralatan yang diperlukan. Setidaknya Anda memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi serta alat print yang harganya biasanya mencapai puluhan juta rupiah. Jadi, modal merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sejak awal.

Marketing Yang Handal

Tidak hanya usaha digital printing Jakarta, setiap jenis usaha tentu memerlukan pemasaran yang baik dan sesuai. Karena Anda baru akan memulai, sebaiknya pilih strategi pemasaran yang harganya relatif terjangkau. Dengan menggunakan Instagram misalnya. Untuk menjaring konsumen, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja. Yang penting adalah buat konten yang menarik. Tidak perlu menyewa content creator buru – buru jika masih bisa ditangani sendiri oleh Anda.

Karena usaha yang ditawarkan merupakan jasa digital printing, maka sebaiknya buat iklan konten yang menarik. Berisi ide kreatif dan cemerlang Anda. Sehingga, bisa menjaring lebih banyak konsumen. Jangan lupa jadikan feedback dari klien sebagai masukan terbaik. Meminta feedback dari klien merupakan langkah jitu untuk evaluasi bisnis. Juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan bisnis nantinya. Kepuasan pelanggan adalah hal yang harus Anda utamakan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *