Jenis pipa PVC berlabel “Schedule” (disingkat “SCH”) dibuat berdasarkan dimensi yang digunakan untuk pipa baja. Pipa PVC dapat diklasifikasikan menjadi SCH dan CL. Baja memiliki karakteristik kekuatan yang sangat berbeda dari plastik, meskipun begitu pipa SCH dapat dijadikan alternatif pilihan Anda. Pipa SCH yang ada di pasaran adalah pipa SCH 40 dan 80, banyak sekali toko yang jual pipa SCH 40 dan 80, meskipun merupakan jenis yang sama, Anda akan menemukan perbedaan antara kedua pipa SCH tersebut. Selain pipa PVC jenis SCH, terdapat juga pipa dengan jenis class. Berikut penjelasannya agar Anda dapat menentukan pilihan Anda. 

Pipa SCH

Deskripsi yang mudah terdapat pipa SCH adalah, 12 ″ pipa PVC SCH 40 sangat kuat, sedangkan 2 ″ Pipa SCH 40 memiliki tingkat tekanan yang relatif rendah, dan menjadi rentan. Dalam ukuran 12 ″ hingga 1  12” SCH 40 adalah pipa dengan dinding yang tebal dengan peringkat tekanan yang cukup tinggi dan ketahanan yang baik terhadap kerusakan fisik. Ini sering digunakan untuk saluran utama dan situasi lain di mana pipa tekanan tinggi yang kuat diperlukan. Pipa SCH 80 umumnya digunakan untuk membuat ujung plastik ulir karena dinding plastik cukup tebal untuk memotong benang ke dalamnya. 

Pipa Class

Jenis pipa PVC berlabel “Class” (disingkat “CL”) didasarkan pada peringkat tekanan pipa. Jadi pipa PVC CL 200 memiliki peringkat untuk tekanan air 200 PSI. Pipa PVC Cl 315 diberi peringkat untuk tekanan air 315 PSI. Kekuatan pipa berlabel CL secara langsung terkait dengan peringkat tekanan. Pipa “Cl” standar adalah Cl 125, Cl 160, Cl 200 dan Cl 315. Dari jumlah tersebut Cl 200 dan Cl 315 adalah yang paling umum. Cl 125 dijual sebagai pipa CL yang memiliki biaya rendah untuk digunakan. Ini memiliki dinding yang sangat tipis dan mudah patah jika tidak ditangani dengan hati-hati atau bisa jadi permukaan pipa sobek dengan alat penggali. Sehingga, untuk keperluan umum pipa SCH 40 menjadi rekomendasi yang sangat baik. 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *