Bisnis e-commerce akhir-akhir ini sangat berkembang pesat. Hal itu disebabkan karena pola konsumsi masyarakat yang meningkat dan ingin segala hal dapat dimiliki secara praktis dan cepat. Masyarakat pun akhirnya menjadikan situs e-commerce sebagai destinasi belanja utama dibanding toko fisik sebuah produk. Kesuksesan e-commerce tak terlepas dari pengaruh sistem yang menyokongnya. Sistem tersebut ialah ERP. Terdapat proses integrasi ERP dengan ecommerce. Namun, apakah itu ERP? Berikut penjelasannya yang dikutip dari LogiFrame.

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu sistem terintegrasi dengan tujuan untuk mempersingkat proses yang ada sehingga menjadi kombinasi yang efektif dan efisien. Proses yang dimaksud ialah proses pendataan, perencanan dan lain-lain yang dapat dipersingkat berkat ERP tersebut.  Selain itu, ERP dapat memperbarui data yang masuk dari proses penjualan, pengiriman dan lain-lain secara otomatis dan data yang masuk dijamin akurat dan tak dapat terduplikasi. Selain itu, data yang transaksi yang masuk pun pasti akan tercatat secara otomatis sehingga data yang dikelola dari sistem ERP tidak akan bisa dimanipulasi. Sistem ERP memang dirancang khusus untuk mempermudah pengelolaan serta pencatatan data yang dimiliki perusahaan. Data penjualan, persediaan, dan pengiriman produk yang biasanya terpisah akan terintegrasi menjadi satu sehingga dapat memudahkan layanan transaksi yang dilakukan pelanggan terhadap layanan e-commerce. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa sistem ERP dapat memperkuat manajemen atau pengelolaan perusahaan e-commerce menjadi lebih terstruktur dan efisien.

Sistem ERP sendiri awalnya muncul pada tahun  1960-an, di mana saat itu sistem tersebut masih disebut MRP (Material Requirement Planning). Setelah itu, lalu berkembanglah MRP menjadi Close Loop MRP. Kemudian, Close Loop MRP berubah lagi menjadi MRP II di tahun 1980-an. Dari situlah sistem ERP ini mulai digunakan dalam beberapa proses bisnis sejak tahun 1990-an hingga sekarang digunakan di berbagai  layanan e-commerce. ERP memang sangat menguntungkan bagi berbagai perusahaan untuk memangkas berbagai proses yang terlalu berbelit-belit menjadi lebih ringkas.

Itulah keunggulan sistem ERP yang terintegrasi dengan e-commerce dapat memperkuat manajemen dari perusahaan e-commerce. Semoga bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *