Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Hal ini juga berlaku bagi jenis genteng terbaik. Walaupun memiliki predikat genteng terbaik, namun tentunya jenis-jenis genteng ini, juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dielakkan. Tapi, apakah nantinya kekurangan dari jenis genteng terbaik ini dapat ditoleransi akibat kelebihan yang dimiliki atau malah sebaliknya?

Penasaran dengan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh jenis-jenis genteng terbaik? Tak perlu lama-lama. Langsung saja, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Genteng Kaca

Genteng kaca memang memiliki kesan yang sangat modern. Sehingga genteng ini cocok untuk rumah-rumah bergaya modern maupun rumah dengan gaya minimalis. Tapi, apa saja sih kekurangan dari genteng kaca? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari genteng kaca yang wajib kamu ketahui.

  1. Sangat rentan dan mudah pecah. Tentunya karena terbuat dari kaca ketika proses genteng harus hati-hati. Sebab karakteristik kaca cukup rentan.
  2. Jika kamu menggunakan genteng kaca dengan sangat berlebihan ini dapat meningkatkan suhu di dalam rumah. Oleh karenanya biasanya tentang kaca hanya digunakan sedikit untuk rumah hunian. Sedangkan penggunaan penuh genteng kaca biasanya digunakan pada green house.

Genteng Asbes

Dari fungsinya yang tidak mampu memantulkan kembali sinar matahari sudah dapat terlihat bahwa genteng asbes memiliki beragam kekurangan. Tapi benarkah genteng asbes memiliki banyak kekurangan? Sebenarnya dibandingkan dengan banyaknya kekurangan, kekurangan genteng asbes yang sangat tidak rekomended adalah menimbulkan penyakit. Menurut para ahli partikel dari genteng asbes sangat mudah terurai. Sehingga ini dapat menimbulkan beberapa penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh. Terutama penyakit paru-paru. Sebab partikel tersebut dapat dengan mudah terhirup dan akhirnya mengendap di paru-paru.

Genteng Tanah Liat

Meskipun memiliki banyak kelebihan serta populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun genteng tanah liat juga memiliki beberapa kekurangan yang patut dipertimbangkan lho. Bahkan predikat sebagai jenis genteng terbaik dan julukan genteng tradisional tidak lantas menghilangkan kekurangan itu. Kekurangan-kekurangan dari genteng tanah liat tersebut meliputi :

  1. Butuh ketelitian tingkat tinggi untuk melakukan pemasangan. Sebab jika terjadi kekeliruan maka untuk memperbaikinya cukup sulit.
  2. Mudah berlumut atau berjamur jika terus-terusan terkena air hujan. Sehingga sebelum proses pemasangan alangkah baiknya dilapisi dengan cat atau glazur terlebih dahulu.
  3. Pemasangan harus menggunakan pola zig-zag agar memiliki sistem sambungan unlock.

Genteng Keramik

Genteng keramik memang cocok untuk dipakai sebagai atap balkon rumah modern. namun ternyata genteng ini juga memiliki beberapa kekurangan yang patut ditinjau ulang. Ingin tahu dengan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh genteng keramik? Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya.

  1. Diperlukan penelitian kompilasi rengitkan, agar tidak terjadi kerusakan maupun kebocoran.
  2. Membutuhkan kemiringan minimal 30 derajat agar tentang dapat dipasang dengan maksimal dan tidak terjadi kendala yang cukup penting.
  3. Memerlukan cukup banyak baut dalam proses pemasangannya.

Nah itulah kekurangan-kekurangan dari jenis genteng terbaik. Bagaimana menurut kamu? Apakah kekurangan genteng tersebut dapat di back up oleh kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing jenis genteng?


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *