Atap polycarbonate merupakan bahan yang dipilih untuk menggantikan penggunaan kaca untuk bahan bangunan terutama bahan bangunan atap. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Lalu apa saja perbedaan antara penggunaan atap polikarbonat dengan atap kaca? Berikut ini adalah ulasannya.

Dari segi harga 

Perbedaan pertama adalah dari segi harga. Jika dibandingkan dengan atap kaca, atap polikarbonat memiliki harga yang lebih murah. Apalagi untuk penggunaan sebagai atap. Untuk membuat atap suatu bangunan akan dibutuhkan kaca yang memiliki ukuran yang tebal. Kaca dengan ukuran ketebalan tinggi ini sudah pasti memiliki harga yang cukup mahal bukan? Kaca dengan ketebalan yang tinggi dibutuhkan untuk memastikan kaca tidak mudah pecah dan dapat melindungi dengan baik. Beda dengan atap polikarbonat. Atap polikarbonat memiliki kekuatan yang tinggi sehingga meski ia memiliki harga yang murah ia mampu memberikan perlindungan yang lebih tinggi bahkan dengan atap kaca yang lebih tebal dan lebih mahal.

Dari segi daya tahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, atap polikarbonat memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan atap kaca. Akan tetapi ketahanan dari atap polycarbonate tidak hanya bisa dilihat dari daya tahan terhadap tekanan dari luar. Atap polikarbonat juga memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan atap kaca dilihat dari kemampuannya melindungi produk di bawahnya dari sinar UV. Penggunaan atap polikarbonat memberikan perlindungan yang lebih tinggi karena ia bisa ditemukan dalam warna-warna dan lapisan yang memang tujukan untuk memberikan perlindungan.

Dari segi penampilan

Jika dilihat dari penampilannya, sesungguhnya penggunaan dari atap kaca memang terlihat lebih indah dan lebih elegan. Akan tetapi ini adalah satu-satunya kelebihan atap kaca dibandingkan dengan atap polikarbonat. Jika anda nekat menggunakan atap kaca, maka anda perlu lebih waswas dan memberikan perlindungan yang lebih besar untuk atap kaca anda. Hal ini disebabkan karena setebal-tebalnya kaca ia akan runtuh juga jika dikenai tekanan yang besar. Runtuhnya kaca juga berubah menjadi serpihan yang sudah pasti lebih berbahaya dibandingkan dengan atap polycarbonate bukan?


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *